Header Ads

Aghnan Pramudihasan
  • Breaking News

    AWC 2016

    AWC merupakan singkatan dari Asian Waterbird Census. Kegiatan ini dilakukan setahun sekali dan biasanya pada awal tahun untuk mendata burung-burung air di berbagai titik di Asia.

    KPB Bionic UNY sebagai salah satu kelompok pengamat burung juga turut berpartisipasi setiap tahunnya. Data hasil pengamatan burung air akan direkap dan dikirimkan ke pusat yang berada di Malaysia untuk dianalisis lebih lanjut.

    Dua tahun terakhir, kegiatan AWC dilakukan KPB Bionic UNY di Rawa Jombor. Beberapa alasan dipilihnya Rawa Jombor adalah lokasinya yang tidak begitu jauh dengan kampus, jenis burung-burung air juga lumayan dan beberapa alasan lain termasuk banyaknya Bionicers yang berdomisili di Klaten.

    Keadaan Rawa Jombor berubah setiap tahunnya. Satu tahun yang lalu, enceng gondok yang merupakan ikon rawa hanya dijumpai sedikit. Tahun ini, jumlah enceng gondok di Rawa Jombor cukup banyak.

    Sayangnya, keadaan ini tidak berbanding lurus dengan peningkatan jenis burung air yang dijumpai. Dua jenis burung yang gagal dijumpai di AWC 2016 ini adalah Berkik kembang besar dan Tikusan merah.

    Beruntungnya, primadona Burung-sepatu teratai cukup mudah dijumpai meskipun tidak dalam fase breeding padahal ekor menjuntainya merupakan daya tarik tersendiri bagi pengamat burung.

    Semoga tahun depan dapat berpartisipasi di AWC 2017.

    No comments

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Tinggalkan komentar Anda dan kami akan mengunjungi halaman Anda.